OPTIMIZATION THROUGH MOBILE-ASSISTED LANGUAGE LEARNING (MALL) ON TEACHING SPEAKING FOR UNDERGRADUATE STUDENTS

Authors

  • Anis Setiyanti Department of Applied Linguistic, Universitas Negeri Jakarta, 13220, Indonesia
  • Ummah Karimah Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ)

Keywords:

Bahasa Inggris, Kefasihan, Bahasa, Mobile Assisted Language Learning, mahasiswa

Abstract

Kefasihan, adalah kemampuan berbicara dengan lancar tanpa henti, sehingga maksud dan
tujuan percakapan dapat dipahami dengan baik oleh pendengar, kefasihan juga berkaitan dengan
kegiatan berbicara tanpa ada hambatan dalam proses pengucapan kosakata dan kalimat yang keluar
dari pembicara. Selama ini strategi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris bagi
mahasiswa masih bervariasi, seperti tugas, demonstrasi, presentasi, permainan atau lainnya, dalam
artian dosen yang mengajar mata kuliah bahasa Inggris belum mengaitkan pembelajaran kemampuan
bahasa Inggris dengan pendekatan Mobile Assisted Language Learning. Pada metode ini, proses
pembelajaran dilakukan berdasarkan pembelajaran melalui Mobile Assisted Language Learning
(MALL) dan dilakukan dalam tiga siklus, dimana siklus 1 menggunakan aplikasi Duolinggo,
siklus 2 menggunakan aplikasi TALK dan siklus 3 menggunakan aplikasi IETLS. Tes siklus 1
pada siswa menghasilkan skor total rata-rata 53% dan pada akhir tes siklus 2 diperoleh skor total
rata-rata adalah 69%. Hasil aksi pada siklus 3 dari total 24 siswa sebagai responden menunjukkan
bahwa telah terjadi peningkatan yang signifikan pada nilai tes kemampuan berbicara bahasa Inggris
siswa. Tes siklus II pada siswa menghasilkan skor total rata-rata 69% dan pada akhir tes siklus
ketiga diperoleh skor total rata-rata adalah 81%.

Downloads

Published

2024-03-23

How to Cite

Setiyanti, A., & Karimah, U. (2024). OPTIMIZATION THROUGH MOBILE-ASSISTED LANGUAGE LEARNING (MALL) ON TEACHING SPEAKING FOR UNDERGRADUATE STUDENTS. Moderation | Journal of Islamic Studies Review, 4(1), 79–86. Retrieved from https://journal.adpetikisindo.or.id/index.php/moderation/article/view/106