THE ROLE OF WOMEN ULAMA IN GENDER FAIR EDUCATION IN ISLAMIC BOARDING SCHOOLS

Authors

  • Siti Rubaidah Sekolah Tinggi Agama Islam Az Ziyadah (STAI Az Ziyadah)

DOI:

https://doi.org/10.63195/moderation.v5i2.135

Keywords:

Gender; Patriarki; Misoginis; Ulama Perempuan; Pendidikan Adil Gender; Pondok Pesantren

Abstract

Di kalangan para ulama, istilah gender masih sangat asing. Kesan pertama yang mereka tangkap tentang gender adalah istilah asing dan kebarat-baratan. Sebagian ulama bahkan mencurigai gerakan gender dan feminisme sebagai ideologi barat, orientalis yang bisa menghancurkan syariah Islam. Sejumlah aktivis perempuan mencari padanan istilah gender dalam bahasa Arab atau bahasa Indonesia, namun belum berhasil menemukan dan mengubah pandangan ulama yang apriori menjadi lebih simpatik. Kondisi ini dipicu oleh kesalahan yang dilakukan oleh kalangan feminis sekuler era 80-an. Mereka secara pukul rata menyalahkan agama sebagai salah satu penyebab ketertindasan perempuan. Sedangkan mereka tidak mempunyai argumentasi yang kuat dari sisi agama untuk mendukung pandangannya. Penelitian ini mencoba melihat peran ulama dalam membongkar pandangan ulama yang misoginis, sekaligus upaya ulama perempuan untuk merebut tafsir dan membangun pendidikan berbasis adil gender di pondok pesantren. Melalui metode penelitian library reseacrh penelitian ini ingin menunjukkan bahwa peran ulama perempuan berperan dalam membalikkan pandangan patriarki dan misoginis di kalangan pesantren sangat signifikan. Penelitian ini juga menyoroti berbagai upaya yang dilakukan ulama perempuan untuk mendobrak dominasi ulama laki-laki, merebut tafsir dan membangun pendidikan yang adil gender di kalangan pesantren. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan kebijakan pendidikan yang inklusif dan berkeadilan gender di masyarakat pada umumnya, dan di pondok pesantren pada khususnya.

Downloads

Published

2025-08-27

How to Cite

Rubaidah, S. (2025). THE ROLE OF WOMEN ULAMA IN GENDER FAIR EDUCATION IN ISLAMIC BOARDING SCHOOLS. Moderation | Journal of Islamic Studies Review, 5(2), 1–8. https://doi.org/10.63195/moderation.v5i2.135

Issue

Section

Articles